Kegiatan jual barang di banyak marketplace sudah biasa ditemukan dalam bidang bisnis online. Metode virtual semakin diminati karena modal yang dikeluarkan tak banyak. Selain itu, Anda hanya perlu menggunakan laptop atau smartphone untuk menjalankan usaha.

Meski terkesan mudah, Anda tetap harus menyiapkan beberapa hal, terutama kalau Anda akan menggunakan lebih dari satu tempat. Untuk lebih jelasnya, berikut poin-poin yang patut disediakan sebelum berjualan memakai aplikasi manajemen toko.

  • Siapkan produk bermutu dan berdaya saing tinggi

Sebagai bintang utama, produk harus mendapatkan perhatian penuh dari Anda. Untuk membangun kredibilitas di mata calon konsumen, Anda harus memastikan produk tersebut berkualitas dan punya daya saing tinggi di pasaran. Sayangnya, tak sedikit merchant yang nekat menjual produk berkualitas rendah dengan harga mahal demi mendapatkan untung besar. Jika caranya begini, usia bisnis Anda tak akan bertahan lama karena keburu ditinggal konsumen.

  • Buat draf definisi produk dan gambar beresolusi tinggi

Sebelum menjatuhkan pilihan, calon pembeli akan memeriksa informasi yang tercantum dalam definisi. Selain itu, mereka juga akan memperhatikan foto atau gambar yang ditampilkan. Maka dari itu, saat mengatur konten lewat aplikasi manajemen toko, siapkan draf untuk rincian produk serta foto beresolusi tinggi buat jual barang di banyak marketplace. Langkah tersebut akan membuat online shop Anda tampak profesional di mata konsumen.

  • Instal aplikasi marketplace pada smartphone

Sebagian besar marketplace berdiri dari website. Namun belakangan para pengelola marketplace menyediakan versi aplikasi untuk ponsel maupun tablet. Hal ini dianggap semakin memudahkan penjual, sebab mereka tak terlalu tergantung menggunakan laptop atau PC. Sehingga Anda dapat mengatur konten hingga melakukan transaksi dengan konsumen di mana dan kapan saja. Cukup praktis seperti kebanyakan aplikasi manajemen toko, bukan?

  • Menentukan metode pembayaran untuk transaksi

Beberapa aplikasi manajemen toko sudah menyediakan lebih dari satu metode pembayaran untuk para merchant. Dengan begitu, Anda bisa memasukkan berbagai opsi untuk konsumen, antara lain transfer lewat ATM, kartu kredit atau debit, mobile banking, e-wallet, hingga cash on delivery (COD). Satu hal penting yang sebaiknya Anda lakukan sebelum memasangnya adalah memeriksa setiap fitur yang disediakan pihak bank.

  • Tawarkan promosi untuk pelanggan baru dan lama

Strategi satu ini sudah sering disebarkan dalam kursus online khusus bisnis. Jika Anda cukup jeli, sebagian besar marketplace yang sedang mendominasi bisnis e-commerce di Indonesia pasti selalu menawarkan promosi seperti potongan harga hingga ongkos kirim gratis untuk pelanggan baru maupun lama. Ada pula reward berbentuk koin atau poin yang akan memudahkan mereka untuk transaksi selanjutnya.

Semoga proses jual barang di banyak marketplace berjalan lancar, ya!