Prospek profesi konsultan aktuaria termasuk menjanjikan. Sayangnya sebagian besar orang, terutama pencari kerja, lebih memilih jenis konsultan populer seperti konsultan pajak, konsultan bisnis, atau akuntan publik.

Anda yang berniat menjajal profesi ini perlu menguasai ilmu statistika hingga analisis untuk merencanakan masa depan bisnis dan bidang tertentu. Oleh karena itu, konsultan yang berada di bidang aktuaria seringnya ditempatkan di perusahaan asuransi.
Sementara di bawah ini ada sejumlah kiat sukses yang bisa diterapkan untuk sukses jadi konsultan di Indonesia.

Memiliki kepekaan terhadap detail

Detail dalam bidang aktuaria berkaitan dengan fakta, baik yang sifatnya baik maupun buruk. Jika Anda tak bisa melakukan analisis fakta secara maksimal, maka dampak buruknya terhadap finansial perusahaan akan kian besar. Maka seorang konsultan aktuaris perlu menguasai kemampuan analisis pada transaksi tanpa menimbulkan risiko tinggi. Keahlian ini yang sangat berguna saat diaplikasikan di perusahaan asuransi.

Cakap dalam statistika dan matematika

Seperti yang disinggung, konsultan aktuaris harus cakap dalam bidang statistika dan matematika. Pasalnya, Anda tak hanya akan bersinggungan dengan hitung menghitung, tetapi juga menaksir risiko industri tertentu, dalam hal ini adalah asuransi dan keuangan. Hal tersebut tak terlepas dari salah satu tugas konsultan aktuaris sebagai penentu harga premi. Bayangkan kalau Anda kurang atau tak menguasai statistika dan matematika, nasabah pasti akan mengeluhkan premi yang ditawarkan.

Paham dengan prospek kerja konsultan

Kiat lainnya yang akan mempengaruhi karier konsultan aktaria adalah pemahaman Anda terhadap prospek kerja yang dihadapi. Sejauh ini, peluang konsultan aktuaris di perusahaan asuransi masih sangat menjanjikan. Bahkan jumlahnya pun terbilang sedikit, yakni 330 konsultan saja yang menjabat sesuai kapasitasnya. Sementara itu perusahaan asuransi membutuhkan kurang lebih 1.800 aktuaris dengan gaji mencapai Rp15 jutaan per bulan.

Mengetahui syarat konsultan aktuaria

Tanpa mengetahui persyaratan, peluang Anda dilirik perusahaan juga akan semakin kecil. Latar pendidikan yang dibutuhkan untuk konsultan aktuaris sebenarnya lebih fleksibel dari konsultan lain. Meski begitu, Anda tetap harus berusaha keras agar mendapatkan profesi tersebut. Calon pelamar biasanya akan menghadapi ujian dari Persatuan Aktuaris Indonesia untuk memperoleh gelar FSAI (Fellow Society of Actuaries of Indonesia).

Coba peruntungan dengan beasiswa

Beasiswa termasuk program menjanjikan, khususnya untuk Anda yang berprestasi dan punya potensi kerja lebih cepat. Salah satu perusahaan yang sering menawarkan beasiswa aktuaris adalah AIA dan bekerja sama dengan sejumlah universitas kenamaan. Di sisi lain, Anda juga harus bersiap-siap mengingat seleksi penerima beasiswa sangat ketat. Apalagi universitas yang bersangkutan akan melibatkan PI hingga OJK untuk menentukan pilihan akhir.

Demikian serangkaian kiat menjadi konsultan aktuaria sukses. Mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat!