Tertarik Menggunakan Aplikasi Manajemen Keuangan Bisnis? Ini Lho Ternyata Manfaatnya!

Author

Date

Kategori

Manajemen keuangan merupakan salah satu komponen penting dalam perkembangan sebuah bisnis. Sebab, hal ini sangat berkaitan dengan alokasi dan penggunaan sumber daya finansial dalam aktivitas operasional sehari-hari bisnis, baik dalam aktivitas utamanya dalam menyediakan produk atau jasa bagi pelanggan, maupun dalam aktivitas penunjang seperti administrasi dan pemasaran.

Aktivitas Utama Manajemen Keuangan

Di dalam manajemen keuangan, terdapat tiga aktivitas utama yang menjadi elemen utamanya, yaitu:

  1. Aktivitas perolehan dana, yang meliputi bagaimana bisnis memperoleh sumber daya finansial untuk kebutuhan aktivitas bisnisnya. Sumber daya finansial dapat diperoleh baik secara internal lewat pemilik modal atau pemilik usaha, maupun secara eksternal seperti lewat investor atau pengajuan pinjaman modal usaha.
  2. Aktivitas penggunaan dana, yang meliputi aktivitas investasi sumber daya finansial yang telah diperoleh untuk berbagai aset perusahaan.
  3. Aktivitas pengelolaan dana, yang meliputi aktivitas pengalokasian dan pengelolaan sumber daya finansial yang ada seefisien mungkin.

Pentingnya manajemen keuangan yang baik dibutuhkan baik oleh perusahaan besar, menengah, maupun kecil. Sebab, tujuan utamanya adalah untuk menjaga kelangsungan bisnis, mengingat bahwa usaha idealnya didirikan untuk berdiri selamanya, bukannya untuk langsung dihentikan setelah jangka waktu tertentu.

Nah, di era modern saat ini, manajemen keuangan bisnis dapat diimplementasikan dengan lebih mudah dan efisien berkat perkembangan teknologi. Hal tersebut diwujudkan lewat kehadiran aplikasi manajemen keuangan bisnis yang tujuannya adalah menyederhanakan aktivitas administrasi dan mengoptimalkan waktu serta tenaga untuk pembuatan keputusan yang optimal.

Manfaat Aplikasi Manajemen Keuangan bagi Bisnis

Dengan menyadari sepenuhnya pentingnya manajemen keuangan bagi bisnis, maka berbagai manfaat dan keuntungan dari penggunaan aplikasi manajemen keuangan usaha berikut ini bisa Anda nikmati:

  1. Permudah perhitungan modal dan aset perusahaan.
    Lewat pengelolaan manajemen keuangan yang baik, bisnis pun mampu mengetahui dengan lebih akurat berapa total nilai aset yang dimiliki hingga aset yang dibutuhkan. Di samping itu, aplikasi dapat membantu Anda dalam membuat keputusan akuisisi aset yang benar-benar mampu menghasilkan keuntungan, baik itu aset berwujud maupun aset tak berwujud.
  2. Pengelolaan arus kas dengan cermat.
    Arus kas yang baik berarti bisnis Anda bersifat likuid, alias mampu melakukan pembayaran dengan lancar, termasuk pembayaran untuk biaya operasional sehari-hari usaha. Misalnya sewa pabrik atau gedung, biaya utilitas, gaji karyawan, pembelian bahan baku, hingga pembayaran utang pembelian.
    Di samping itu, manajemen keuangan bisnis yang baik dan ditunjang oleh aplikasi terkait juga bisa bantu bisnis Anda merencanakan arus kas masuk dengan cermat pula. Misalnya lewat perencanaan piutang pendapatan, mengingat pasti ada pelanggan atau klien yang memanfaatkan opsi kredit sehingga segala transaksi penjualan atau pendapatan Anda tidak selalu langsung terealisasikan menjadi kas. Nah, jika arus kas masuk tidak direncanakan dengan baik, bagaimana bisnis Anda memiliki cukup persediaan kas untuk segala pengeluaran seperti yang sudah dijelaskan di atas, kan?
  3. Efisiensi biaya operasional.
    Manajemen keuangan yang baik dalam sebuah bisnis berarti kemampuannya dalam menekan biaya operasional, alias tidak ada biaya yang terbuang sia-sia. Ukuran efisiensi biaya operasional ini bisa dilihat dari kontribusinya terhadap hasil dari aktivitas operasional bisnis, misalnya laba bersih atau target biaya yang sudah ditentukan perusahaan demi menjaga margin keuntungan per unit produk. Dengan demikian, keputusan terkait dengan harga barang persediaan, pemilihan vendor, hingga penentuan jumlah karyawan bisa dibuat dengan lebih bijak.
  4. Perencanaan dan penghitungan pajak.
    Bisnis yang baik juga merupakan bisnis yang taat membayar pajak. Nah, dalam aplikasi manajemen keuangan bisnis, Anda bisa memanfaatkan fitur perencanaan pajak yang membantu Anda menghitung pajak terutang dengan lebih akurat, yang pasti bisa mencegah risiko keterlambatan pembayaran yang bisa mengakibatkan denda.
  5. Menjamin kesejahteraan SDM.
    Manajemen keuangan bisnis yang baik pasti selalu merencanakan pembayaran imbalan atas pekerjaan karyawan dengan baik pula, dan hal ini bisa didukung oleh aplikasi yang tepat. Terlebih, pemanfaatan aplikasi bisa membantu Anda menghitung gaji dan insentif lainnya dengan lebih akurat, sehingga semua karyawan pasti terpenuhi haknya tanpa ada masalah. Hal ini pasti akan mampu membuat loyalitas karyawan meningkat.

Artikel Terbaru

Hal – Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Kursus Akuntansi Online

Seperti yang Anda ketahui bahwa saat ini memang ada banyak sekali lembaga kursus online yang menawarkan berbagai macam hal sehingga bisa menarik minat para...

Punya Bisnis Sendiri? Inilah 4 Laporan Keuangan yang Wajib Dibuat!

Baik itu bisnis kecil, menengah, maupun besar, laporan keuangan merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan. Pasalnya, di dalam laporan keuangan terdapat data finansial...

Ampuh Tingkatkan Omzet Penjualan Bisnis Anda, Perhatikan 3 Hal Penting Ini!

Bagi setiap bisnis, omzet alias angka penjualan atau pendapatan secara keseluruhan adalah salah satu hal penting yang wajib diperhatikan. Bahkan, Anda sebagai pelaku bisnis...

Tingkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Cara Ini Agar Bisnis Selalu Untung Besar

Anda barangkali sudah sering mendengar petuah bahwa mempertahankan sesuatu lebih sulit daripada memperoleh sesuatu. Hal yang sama bisa jadi dialami dalam bisnis, termasuk dalam...

Kursus Akuntansi Online Terbaik

Jika berbicara mengenai kursus online tentu saat ini tidak bisa dihitung lagi. Sebab Anda pasti sudah bisa menemukan dengan banyak di internet. Pasalnya di...