Sekilas, bekerja di Kantor Akuntan Publik terdengar menjanjikan. Wajar saja mengingat sejak dulu profesi yang berhubungan dengan akuntansi selalu dibayar dengan gaji besar. Namun, apa saja tugas yang dilakukan para akuntan di bidang tersebut? Apakah hampir sama dengan konsultan akuntansi yang sedang diminati?

Akuntan publik dan tugas-tugasnya

Akuntan publik atau auditor independen harus mengantungi izin resmi Menteri Keuangan untuk menjalankan tugasnya memakai jasa yang bersangkutan. Ketentuan tersebut tercantum dalam Undang-undang Republik Indonesia 5/2011 serta Peraturan Menteri Keuangan No. 17/PMK.01/2008 seputar Jasa Akuntan Publik. Orang-orang dengan profesi ini pun harus terdaftar sebagai anggota IAPI (Ikatan Akuntan Publik Indonesia).
Berbeda dengan konsultan akuntansi, seorang akuntan publik memegang tugas-tugas seperti:

Auditing laporan keuangan

Ilmu dari akuntansi akan diterapkan akuntan publik untuk pemeriksaan atau auditing laporan keuangan yang disusun oleh akuntan dari klien mereka. Akuntan publik atau auditor yang mengerjakan tugas ini akan memastikan setiap laporan bersih dari penyelewengan atau kesalahan yang berakibat fatal. Dengan begitu, klien akan mempunyai laporan audit yang akurat.

Menyediakan jasa perpajakan

Akuntan publik bertugas pula sebagai penyedia jasa perpajakan atau tax service, seperti yang Anda ketahui, Wajib Pajak seperti badan usaha maupun perusahaan diharuskan membayar hingga menyetor laporan pajak setiap tahunnya. Menggunakan jasa Kantor Akuntan Publik dinilai akan membantu pekerjaan mereka.

Menawarkan jasa konsultasi manajemen

Management advisory service merupakan layanan dari akuntan publik yang membantu perusahaan dalam mengambil keputusan penting terkait sumber daya. Akuntan publik nantinya membimbing klien untuk mengidentifikasi masalah, menetapkan tujuan, hingga mengimplementasikannya sesuai sasaran. Jadi, pihak manajemen perusahaan bisa mengendalikan SDM maupun SDE dengan baik.

Menghadirkan informasi ekonomi

Tugas selanjutnya yang diemban akuntan publik adalah menghadirkan informasi penting yang mencakup kejadian-kejadian ekonomi. Mereka juga akan menyajikan data seputar metode yang diambil perusahaan untuk mengalokasikan sumber daya terbatas demi meraih tujuan yang ingin dicapai pemerintahan.

Menilai kinerja para karyawan

Anda juga bisa menyewa akuntan publik untuk menilai kinerja karyawan, terutama yang berprofesi sebagai akuntan. Memakai jasa dari profesi yang sama dengan pengalaman lebih banyak dan terpercaya dianggap sebagai langkah efektif perusahaan untuk memeriksa apakah ada kesalahan yang tak terdeteksi.

Mengamankan hak dan kewajiban perusahaan

Terakhir, akuntan publik bertugas untuk mengawasi hingga mengamankan hak dan kewajiban sebuah perusahaan, khususnya yang berhubungan dengan finansial. Biasanya akuntan publik akan memeriksa efisiensi maupun efektivitas performa eksklusif di perusahaan yang bersangkutan dengan memakai kemampuannya.
Jadi, apa Anda tertarik untuk memakai jasa dari Kantor Akuntan Publik?