Pilihan Aplikasi HR Gratis untuk Bisnis yang Baru Anda Rintis

Saat memulai bisnis baru, meski masih memiliki sedikit karyawan, tentu Anda tetap perlu mengelola urusan kepegawaian Anda dengan profesional agar perusahaan dapat berkembang baik dan memiliki kinerja yang maksimal. Berikut ini adalah beberapa pilihan aplikasi HR yang dapat menjadi pilihan bagi bisnis yang baru dirintis, antara lain :

NaturalHR

Salah satu software HR gratis yang dapat menjadi pilihan usaha Anda adalah NaturalHR. Software ini merupakan perangkat lunak yang menggunakan sistem SaaS (Software as a Service) yang dikelola oleh developer UK. Meski tak berbayar, saat Anda menggunakan aplikasi ini, Anda tidak akan diganggu dengan adanya iklan, pop up lain atau pun jangka waktu trial. NaturalHR ini menjadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari aplikasi HR dengan fitur yang relatif lengkap. Tak hanya dapat Anda gunakan untuk mengatur waktu libur / cuti, time tracking dan juga self service oleh karyawan, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai materi pelatihan, penilaian kinerja karyawan, hinggs sistem rekrutmen terintegrasi, sehingga dokumen penting mengenai karyawan dapat tersimpan dengan lebih aman dan sistematis.

Zoho People

Pilihan aplikasi HR lainnya yang dapat Anda gunakan secara gratis untuk membantu bisnis Anda adalah Zoho People. Software untuk mengatur presensi karyawan perusahaan ini dapat diakses gratis untuk login 5 akun karyawan dengan total 10 profil karyawan. Setiap karyawan yang tergabung dan memiliki akun di Zoho People ini juga dapat mengakses beragam fitur lain yang diberikan Zoho. Zoho merupakan salah satu perusahaan pengembang software HR yang cukup besar dan telah paten. Tampilan software dari aplikasi ini cukup menarik dan mudah untuk dioperasikan. Fiturnya pun cukup lengkap, di mana dilengkapi pula dengan fitur leave management (manajemen waktu tinggal karyawan), time tracking, self service, hingga fitur yang memungkinkan Anda mengakses berbagai informasi lengkap mengenai karyawan yang terdaftar dalam perusahaan Anda.

IceHRM

IceHRM juga menjadi salah satu pilihan software bisnis yang banyak direkomendasikan untuk para pebisnis baru. IceHRM ini sebenarnya memiliki 2 versi aplikasi, yaitu versi aplikasi berbayar dan gratis. Namun, bagi Anda yang baru merintis usaha dan memiliki karyawan tak lebih dari 20 orang, pilihan aplikasi gratis dari IceHRM dapat menjadi pilihan tepat. IceHRM versi gratisnya dapat diakses tanpa biaya oleh perusahaan – perusahaan kecil menengah dengan jumlah karyawan maksimal 20 orang, tanpa perlu melakukan proses instalasi atau maintenance yang rumit. Aplikasi HR satu ini memiliki tampilan software yang modern dan memiliki tahap penggunaan yang mudah. Beberapa fitur unggulan yang dimiliki di antaranya : informasi karyawan, leave management hingga fitur tracking waktu kehadiran.

RELATED ARTICLES

Most Popular