Sebagai seseorang yang sudah memulai dan menjalankan bisnis sendiri, Anda barangkali sudah sadar dan paham bahwa tujuan utama dari didirikannya sebuah bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya, dengan menekan risiko kerugian sekecil-kecilnya. Tujuan tersebut selalu sama dari satu bisnis ke bisnis lainnya, terlepas dari sektor industri, skala, hingga perubahan zaman dan teknologi yang memengaruhi lingkungan bisnis.
Bahkan, perkembangan teknologi bisa membantu bisnis Anda untuk mencapai tujuan tersebut dengan cara yang lebih efisien, bahkan jika Anda masih pemula sekalipun. Salah satunya adalah teknologi aplikasi Point of Sales alias aplikasi POS yang bisa membantu Anda berjualan dan mengelola bisnis dengan lebih mudah dan cermat.

Mengenal Aplikasi POS

Aplikasi POS merupakan sebuah perangkat lunak yang didesain untuk menunjang transaksi jual-beli secara langsung agar lebih mudah dan cepat baik bagi penjual maupun pembeli. Bisa dibilang bahwa aplikasi POS – yang juga sering dikenal dengan nama aplikasi penjualan – ini merupakan pengembangan dari mesin kasir biasa.

Dengan mesin POS, transaksi bisa diproses dengan lebih cepat dan minim kesalahan. Hal ini berkebalikan dengan mesin kasir biasa. Belum lagi, aplikasi POS dapat digunakan baik pada smartphone atau tablet, yang semakin mempermudah penggunaannya karena bisnis Anda pun tak perlu menggunakan komputer atau bahkan menggunakan mesin kasir khusus.
Penggunaan aplikasi POS ini dapat diterapkan untuk bisnis di berbagai sektor. Baik itu di kedai kopi, kafe, restoran, apotek, salon, minimarket, maupun toko ritel, aplikasi dapat digunakan sesuai dengan jenis dan kebutuhan spesifik bisnis Anda.

Memilih Aplikasi POS Terbaik yang Tepat untuk Bisnis

Tertarik ingin menggunakan aplikasi POS untuk menunjang operasional bisnis Anda sehari-hari? Kalau iya, perhatikan 6 poin berikut ini agar Anda bisa menemukan aplikasi terbaik dan tepat sesuai kebutuhan Anda.

1. Lakukan riset dulu.
Di pasaran, Anda bisa temukan beragam pilihan aplikasi POS untuk digunakan. Untuk membantu Anda memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan, lakukanlah riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar Anda bisa mendapatkan cukup informasi soal aplikasi POS yang ada, fitur yang ditawarkan, harga, hingga developer atau pengembang yang ada di balik aplikasi tersebut.

2. Pilih fitur yang pas dengan kebutuhan.

Pada dasarnya, masing-masing aplikasi POS memiliki beragam pilihan fitur yang bisa Anda manfaatkan. Hanya saja, ingat bahwa dalam urusan fitur, kualitas lebih utama dibandingkan kuantitas atau jumlah. Maksudnya adalah bahwa fitur yang digunakan idealnya adalah fitur-fitur yang memang Anda butuhkan. Apalagi, memang tidak semua fitur yang ditawarkan cocok untuk digunakan untuk segala jenis bisnis. Sebagai contoh, untuk Anda yang punya swalayan, Anda tentu tidak membutuhkan fitur menu, kan?

3. Kemudahan penggunaan aplikasi.

Teknologi hadir untuk memudahkan manusia dalam beraktivitas, dan aplikasi POS bukanlah pengecualian. Karena aplikasi POS dibuat dengan tujuan untuk mempermudah pemilik bisnis dalam mengelola dan mengendalikan bisnisnya, idealnya Anda perlu pilih aplikasi yang mudah digunakan, kan? Hal ini bisa diketahui dari seberapa user friendly atau ramah pengguna aplikasi dalam urusan pengoperasian.

4. Sesuaikan dengan anggaran.

Selain beragam pilihan aplikasi POS, Anda juga bisa temukan berbagai pilihan harga yang dipatok untuk masing-masing aplikasi. Karena itu, selain mempertimbangkan fitur dan kebutuhan, pertimbangkan juga harga aplikasi POS dan pastikan angkanya dapat dijangkau oleh anggaran yang Anda miliki.

5. Aplikasi yang cepat tanggap.

Sebelum Anda mulai menggunakan aplikasi POS pilihan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa ada risiko terjadinya masalah yang berkaitan dengan sistem aplikasi di dalamnya, sebaik apapun aplikasi tersebut dikembangkan. Untuk mempermudah Anda dalam mengatasi risiko terjadinya masalah pada aplikasi, pilihlah penyedia layanan yang cepat tanggap dan mudah untuk dihubungi. Dengan begitu, bisnis Anda juga tak perlu terkena dampaknya.

6. Minta rekomendasi.

Anda juga bisa minta saran atau rekomendasi dari teman, saudara, atau rekan sesama pemilik dan pelaku bisnis yang menggunakan aplikasi POS. Bahkan, dengan cara ini Anda bisa mendapatkan rekomendasi dan testimoni langsung dari orang-orang yang lebih Anda percayai.
Tak diragukan lagi bahwa aplikasi POS merupakan salah satu wujud perkembangan teknologi untuk bisnis yang memiliki manfaat besar, bahkan bagi bisnis kecil dan pebisnis pemula sekalipun. Dengan penggunaan aplikasi POS, Anda pun bisa menggunakan lebih banyak waktu untuk fokus mengembangkan bisnis.