Penilaian bisnis mungkin bagi sebagian orang masih belum begitu familiar, apa yang mau dinilai dari sebuah bisnis? Penilaian bisnis merupakan aktivitas yang dilakukan untuk menganalisa dan juga memberikan penilaian pada sebuah usaha berapa nilai bisnis yang dimiliki apakah jumlahnya kecil atau memiliki jumlah yang besar. Hasil dari penilaian ini bisa berupa opini pendek hingga laporan panjang dan komprehensif hingga beratus-ratus halaman. Anda bisa mendapatkan jasa penilai bisnis dengan harga yang bisa disesuaikan dengan skala bisnis Anda. Biasanya makin besar skala bisnisnya maka makin besar pula biaya yang dibutuhkan untuk jasa ini karena akan ada lebih banyak elemen yang harus dinilai sebelum dibuat laporannya.

Untuk apa sebuah bisnis dinilai?

Ada banyak hal yang bisa membutuhkan laporan nilai dari sebuah bisnis dan membutuhkan tenaga ahli untuk melakukannya dengan akurat. Untuk proses perceraian misalnya, penilaian pada usaha diperlukan untuk menentukan pembagian harta. Kemudian penilaian usaha juga bisa digunakan untuk membuat perencanaan pajak sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan pajak sebanyak-banyaknya tanpa harus menyalahi aturan perpajakan. Hasil laporan penilaian usaha juga bisa digunakan untuk litigasi, proses jual beli, menyatakan kebangkrutan, dan lain sebagainya. Ingin punya keahlian dalam melakukan penaksiran nilai bisnis? Anda bisa ikut pelatihan untuk bidang ini.

Untuk siapa penilaian bisnis ditulis?

Kebanyakan penilaian bisnis ditujukan untuk kepentingan yang berhubungan dengan hukum misalnya untuk litigasi, kebangkrutan, proses perceraian, dan lainnya. Jarang laporan penilaian ditujukan untuk kepentingan bisnis tersebut dalam mengembangkan usahanya  karena menggunakan bahasa-bahasa atau istilah yang kompleks dan sulit dimengerti untuk dijadikan bahan analisa pengembangan strategi bisnis. Laporan dibuat berdasarkan dengan panduan yang bisa menjadikan laporan tersebut digunakan untuk kepentingan hukum sehingga isinya biasanya secara umum sudah diketahui oleh pemilik bisnis jadi jarang ada pengusaha yang menggunakan jasa penilai bisnis jika tidak ada kepentingan urusan hukum.

Perangkat lunak yang digunakan penilai bisnis

Karena dibuat dengan aturan dan panduan tertentu, penilai bisnis biasanya sudah menggunakan perangkat lunak untuk membantu membuatkan hasil laporan penilaian terhadap sebuah bisnis. Penilai bisa menggunakan perangkat lunak komersial, bisa juga menggunakan perangkat buatannya sendiri untuk mempercepat proses pembuatan laporan. Dan karena kebanyakan laporan penilaian digunakan untuk kepentingan legalitas, jarang ditemukan perangkat lunak pembuat laporan penilaian yang memiliki format untuk membuat laporan tersebut bisa digunakan untuk menjual bisnis.

Tipe-tipe penilaian bisnis

Meskipun tidak ada kualifikasi secara khusus yang membagi jenis-jenis atau tipe laporan penilaian usaha, umumnya laporan penilaian ini dibagi menjadi tiga jenis yaitu opini yang disampaikan secara verbal, laporan tertulis namun tidak mengikuti standar laporan penilaian, laporan ini biasanya digunakan untuk pengetahuan si pemilik bisnis atau digunakan untuk menjual bisnis yang dimilikinya tapi tidak bisa digunakan sebagai dokumen legalitas karena standarnya belum terpenuhi. Dan tipe yang ketiga adalah laporan penilaian bisnis formal yang bisa digunakan untuk kepentingan hukum.