Pelatihan bisnis adalah salah satu hal yang bisa Anda lakukan sebagai pengusaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang bekerja di perusahaan Anda atau bahkan untuk Anda sendiri agar bisa memiliki pengetahuan dan keahlian yang berguna untuk mengembangkan bisnis.

Seperti misalnya mengikuti kegiatan pelatihan di AMZ yang bisa memberikan materi dengan topik khusus untuk meningkatkan kualitas operasional bisnis Anda dari sisi keuangan. Salah satu pelatihan dan kursus online yang bisa Anda ambil adalah “Finance For Non Finance” di mana pelatihan mengenai keuangan sangat dibutuhkan bagi pengusaha dengan latar belakang non keuangan. Mengapa penting untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini?

Kebijakan yang Anda ambil berdasarkan pada keuangan bisnis

Pentingnya untuk memiliki keahlian keuangan yang baik adalah karena semua kebijakan bisnis yang Anda ambil harus didasarkan pada keuangan bisnis itu sendiri. Banyak pengusaha yang terjebak dengan ilusi pendapatan bisnis yang cukup besar tapi setelah dihitung-hitung ternyata ada defisit pada laporan keuangannya.

Hal ini biasanya terjadi karena pengambilan keputusan yang tidak didasarkan pada kondisi keuangan yang ada pada realitanya. Pemilik bisnis harus paham dengan aliran keuangan yang ada di perusahaannya dan juga strategi keuangan untuk jangka pendek maupun jangka panjang agar bisnis memiliki keuangan yang lebih sehat.

Laporan keuangan yang akurat berperan penting

Bagaimana cara sebuah sistem keuangan berjalan di sebuah bisnis bergantung pada manajemen laporan keuangannya. Laporan-laporan keuangan seperti keuntungan dan kerugian, laporan penghasilan, payroll karyawan, invoice dan berbagai macam laporan keuangan lainnya harus terus diperbarui dan akurat. Jika laporan keuangan dibuat dengan tidak akurat, ada salah perhitungan, maka bisa beresiko terhadap strategi operasional bisnis terutama yang berhubungan dengan budgeting. Oleh karena itu penting untuk mendapatkan pelatihan bisnis dalam bidang keuangan bagi Anda maupun karyawan yang belum memiliki kemampuan baik dalam membuat laporan keuangan yang benar.

Manajemen sumber-sumber pendapatan lain

Siapa yang tidak ingin bisnisnya bisa berjalan hanya dari penjualan produk dan masih bisa mendapatkan keuntungan yang cukup. Tapi nyatanya bisnis harus mendapatkan sumber penghasilan yang lain karena tentu tidak setiap hari dan setiap musim produk dari bisnis Anda bisa terjual dan menutupi biaya operasional usaha.

Sumber-sumber penghasilan yang biasanya bisa didapatkan oleh bisnis adalah melalui investasi baik investasi oleh individu, perusahaan, maupun perbankan. Memiliki keahlian dalam bidang keuangan akan memberikan pemahaman mengenai investasi yang aman dan menjanjikan, Anda juga bisa memisahkan antara keuangan bisnis dengan pribadi, mengelola dana investasi dengan cerdas, dan sebagainya.

Itulah beberapa alasan mengapa pelatihan bisnis bidang keuangan yang bisa Anda dapatkan dari AMZ penting untuk perkembangan bisnis yang sehat.