Sejak 2018, profesi konsultan di Indonesia dilirik sebagai salah satu profesi menjanjikan oleh para sarjana. Imej konsultan yang selalu berpakaian rapi dan bekerja di perusahaan besar menjadi salah dua faktor yang membuat pekerjaan ini kian diminati.
Secara garis besar, konsultan merupakan tenaga profesional yang menyediakan layanan konsultasi (consultancy service) di bidang tertentu. Perbedaannya dengan ahli biasa adalah konsultan bukan termasuk karyawan dari perusahaan yang menggunakan jasanya. Dengan kata lain, konsultan berdiri sendiri atau berada di bawah naungan perusahaan konsultasi sesuai bidangnya.

Jenis-jenis konsultan populer di Indonesia
Seperti yang telah disinggung, konsultan di Indonesia dikategorikan sesuai bidang. Ada pun delapan jenis konsultan yang sedang populer di Tanah Air, yaitu:

  1. Konsultan akuntansi
    Jenis konsultan yang satu ini paling banyak diminati dan dibutuhkan. Konsultan akuntansi bertugas membantu klien menyusun buku neraca, pembuatan jurnal transaksi keuangan, hingga rekonsiliasi bank setiap bulan. Tak hanya itu, kantor akuntan publik dibutuhkan juga untuk menganalisis kinerja serta kondisi keuangan klien pada periode tertentu. Pihak manajemen kadang memakai jasa dari konsultan akuntansi untuk mengungkap pemicu masalah tertentu hingga menemukan solusinya.
  2. Konsultan pemasaran
    Selanjutnya, ada konsultan pemasaran atau marketing yang jasanya digunakan untuk membantu para eksekutif senior untuk memahami masalah tertentu. Kemudian, mereka juga yang memberikan bantuan untuk menghadapi tantangan strategis di bidang pemasaran. Keberadaan jenis konsultan di Indonesia ini pun akan memudahkan Anda merumuskan strategi pemasaran untuk perusahaan hingga mendampingi klien pada masa implementasi.
  3. Konsultan bisnis
    Jobdesc yang ditangani konsultan bisnis hampir sama dengan konsultan pemasaran, hanya saja ruang lingkupnya lebih luas. Mereka akan mendeteksi masalah yang terjadi pada bisnis kliennya dan menolong mereka memecahkannya lewat solusi yang tepat. Pekerjaan lainnya yang ditangani konsutan bisnis adalah mempercepat pencapaian tujuan yang diincar perusahaan melalui network atau jaringan yang besar.
  4. Konsultan perpajakan
    Konsultan di Indonesia di bidang pajak belakangan sedang dicari karena meningkatnya kesadaran masyarakat maupun perusahaan untuk melaporkan pajak. Orang-orang yang berprofesi sebagai konsultan perpajakan umumnya akan membuat perencanaan pajak (tax planning) dan manajemen (managemen planning). Anda juga dapat mengandalkan konsultan pajak untuk membuat beban pajak berdasarkan Reconcile Bookkeeping Service yang masih diberlakukan.
  5. Konsultan SDM
    Sesuai namanya, konsultan SDM atau Human Resources akan membantu klien memaksimalkan kemampuan maupun nilai Sumber Daya Manusia dengan menempatkannya di posisi yang sesuai. Bukan hanya itu, konsultan di bidang ini menyediakan layanan konseling, penyusunan paket gaji dan tunjangan, renumerasi, hingga kompensasi karyawan. Jenis konsultan di Indonesia ini pun dapat membantu pembangunan komunikasi dan kultur di sebuah perusahaan.
  6. Konsultan strategi dan perencanaan
    Orang-orang yang berprofesi sebagai konsultan di bidang ini bertugas untuk mendampingi eksekutif papan atas seperti CEO, komisaris, hingga direktur perusahaan. Mereka akan menggali, memahami, hingga menghadapi masalah yang dialami hingga benar-benar tuntas. Selain itu, tipe konsultan ini pun dapat membantu eksekutif senior untuk merancang strategi maupun perencanaan serta mengawasi proses implementasi yang menyeluruh.
  7. Konsultan teknologi informasi
    Kemajuan teknologi yang kian pesat membuat keberadaan konsultan di bidang ini semakin dibutuhkan. Konsultan teknologi informasi mengurus permasalahan bisnis yang berkaitan dengan isu teknis. Jenis konsultan di Indonesia ini juga bertanggung jawab dalam proses analisis, desain, serta penerapan sistem yang digunakan. Mereka juga akan memastikan solusi yang diimplementasikan sudah mendukung proses bisnis yang diinginkan klien.
  8. Konsultan aktuaris
    Terakhir, ada konsultan aktuaris yang paling sering diandalkan perusahaan asuransi. Tugas-tugas mereka mencakup memastikan nasabah atau customer membayar premi, memastikan premi sudah terkumpul, hingga memeriksa apakah nilai premi yang dikumpulkan bersaing secara wajar. Konsultan aktuaria juga yang akan membantu perusahaan asuransi untuk mengecek premi nasabah saat nanti diklaim atau digunakan untuk menggantikan biaya operasional.

Mengapa jasa konsultan semakin dibutuhkan perusahaan?

Alasan-alasan yang mendasari sebuah perusahaan mengandalkan jasa konsultan di Indonesia terbilang beragam seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Menyediakan keahlian yang diperlukan

Ketika perusahaan tak mempunyai karyawan dengan keahlian tertentu, mereka biasanya akan menggunakan jasa konsultan di bidang yang bersangkutan. Sejumlah perusahaan mungkin sudah memberikan pelatihan atau training kepada karyawan. Namun ada kalanya mereka belum mencapai kemampuan tertentu yang bisa menyamai konsultan.
Kehadiran konsultan juga bisa menambah pengetahuan bagi karyawan yang bekerja di perusahaan maupun klien yang memakai jasanya agar bermanfaat di kemudian hari. Tak menutup kemungkinan Anda mengundang konsultan sebagai mentor pelatihan.

Memecahkan masalah dalam waktu terdesak

Ada kalanya Anda tak bisa memakai jasa seseorang yang ahli di bidang tertentu karena mereka punya kesibukan lain. Dalam hal ini memanfaatkan jasa konsultasi di Indonesia akan membantu Anda memecahkan masalah meski waktu yang tersedia sangat terbatas. Pasalnya, konsultan sudah terlatih menganalisis hingga menemukan solusi yang tepat di bawah tekanan.
Beberapa konsultan juga punya jadwal fleksibel. Anda bisa membicarakan masalah yang dihadapi atau bantuan yang dibutuhkan di coworking space, virtual office dan serviced office. Tempat-tempat tersebut menawarkan kenyamanan dan layanan memadai untuk berbagai pihak.

Memiliki pengalaman yang lebih banyak

Konsultan dengan jam terbang tinggi pastinya memiliki pengalaman menangani klien dari berbagai latar belakang. Meminta bantuan mereka jelas akan membawa prospek menjanjikan untuk sebuah perusahaan. Terutama kalau Anda membutuhkan perencanaan, pengembangan, hingga penerapan sistem matang untuk merintis bisnis atau usaha tertentu.
Menggunakan jasa konsultan di Indonesia dengan reputasi terpercaya secara tak langsung akan meningkatkan kredibilitas perusahaan. Sehingga proyek-proyek selanjutnya bisa ditangani secara profesional dan tanpa mengalami hambatan apa pun.

Biaya konsultasi bersaing dan terjangkau

Bukan rahasia lagi kalau konsultan dikenal sebagai profesi ‘mahal’. Tarif per jam yang mereka patok punya selisih yang lumayan besar saat Anda bandingkan dengan ahli biasa. Hal tersebut disebabkan tarif yang dikenakan tak hanya mencakup gaji pokok, melainkan juga layanan jasa yang ditawarkan untuk klien bersangkutan.
Selain itu, Anda juga tak bisa menyamakan biaya konsultan dari kantor jasa penilai publik dengan kantor dari bidang lain, misalnya akuntansi dan pajak. Tingkat kesulitan dan layanan yang ditawarkan ikut mempengaruhi tarif akan yang dikenakan.

Memberikan layanan objektivitas untuk klien

Konsultan di Indonesia akan memberikan pandangan segar dan objektif untuk para kliennya. Kehadiran mereka juga membantu perusahaan mendapatkan perspektif dari pihak ketiga yang dianggap tepercaya dan kompeten. Karyawan pun akan mempelajari banyak hal dari konsultan yang telah ditunjuk perusahaan.
Dalam cara kerjanya, konsultan akan memetakan solusi yang diabaikan karyawan perusahaan. Mereka juga berhak mengutarakan rekomendasi yang dinilai dapat memecahkan masalah. Sehingga Anda akan lebih cepat menemukan solusi.
Bagaimana, apakah Anda mulai mempertimbangkan jasa konsultan di Indonesia?