Meskipun kewajiban membayar pajak bagi perusahaan harus dilakukan tepat pada waktunya, nyatanya masih banyak perusahaan yang menunda dan terlambat melakukannya. Akan tetapi, ketika ditelusuri apa penyebabnya, ada berbagai jawaban yang diberikan. Dan salah satu alasan yang paling umum mengapa banyak perusahaan yang terlambat membayar pajak adalah prosedurnya yang dirasa cukup merepotkan dan buang waktu.

Apabila dibiarkan, hal ini jelas akan merugikan baik perusahaan tersebut maupun negara. Pasalnya, pajak merupakan salah satu komponen pemasukan penting bagi negara. Sementara itu, perusahaan yang terlambat membayarkan pajak akan dikenai denda. Nah, untuk mempermudah proses pembayaran pajak, Direktorat Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) secara resmi meluncurkan dan menerbitkan sistem e-Billing per 1 Januari 2016 silam.

Mengenal e-Billing dan Manfaatnya

Apa itu e-Billing? E-Billing merupakan sebuah cara untuk membayar pajak dengan pelaporan pajak yang dilakukan oleh Wajib Pajak (WP) terlebih dahulu secara elektronik sebagai bagian dari prosedur pembayaran pajak.
Tentunya keberadaan e-Billing ini tak lepas dari perkembangan teknologi pada masa sekarang. Dengan adanya e-Billing, perusahaan tak perlu lagi harus menggunakan Surat Setoran Pajak untuk membayarkan pajak yang terutang. Hal ini jelas akan mampu menghemat waktu dan tenaga secara signifikan, karena penggunaan e-Billing berarti WP hanya perlu menggunakan perangkat komputer serta akses internet untuk bisa melaporkan pajak, kapan saja dan dari mana saja.

Bukan hanya itu, software e-Billing pun mampu menawarkan solusi yang menyeluruh dan terintegrasi dalam pembayaran pajak perusahaan. Dalam sistem e-Billing yang digunakan, Anda bisa mengakses Kode Akun Pajak (KAP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan Kode Jenis Setoran (KJS) sekaligus, dan tentunya, Anda tak perlu lagi harus mengantri di Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Keunggulan Sistem e-Billing

Dengan menggunakan e-Billing, seluruh dokumen serta data perpajakan perusahaan yang menjadi prasyarat penggunaan aplikasi pajak online pun disimpan secara digital. Tentunya, hanya fasilitas e-Billing pajak yang sudah ditunjuk resmi oleh Dirjen Pajak yang bisa 100% Anda percayai dan andalkan.
Dan dari segala kemudahan dan manfaat jika perusahaan memanfaatkan e-Billing pajak, semuanya dapat dinikmati berkat beberapa keunggulan utama sistem e-Billing ini, seperti:

  1. Pencatatan dan perhitungan yang akurat
    Penggunaan sistem e-Billing membantu Anda mengurangi risiko adanya kesalahan yang umum terjadi jika pencatatan transaksi dilakukan secara manual. Contohnya penulisan angka atau perhitungan yang keliru.
    Dengan sistem e-Billing, KAP dan KJS perusahaan Anda akan terisi secara otomatis dan akurat berdasarkan rekaman atau catatan transaksi perusahaan, seperti PPh Pasal 21, PPh Final 0,5%, Pajak Pertambahan Nilai, dan sebagainya.
  2. Transaksi dilakukan secara real time
    Begitu Anda selesai melakukan pembayaran pajak perusahaan Anda secara online, semua data transaksi yang telah Anda lengkapi akan langsung direkam dan dicatat di dalam sistem Dirjen Pajak dan Kas Negara. Di samping itu, Anda pun akan langsung menerima BON alias Bukti Pembayaran Negara, serta Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN). Nah, mengingat pentingnya kedua dokumen ini, selalu cek keasliannya terlebih dahulu begitu Anda menerimanya, ya!
  3. Sistem terintegrasi
    Keunggulan utama dari sistem e-Billing adalah integrasinya dengan aplikasi hitung PPh, e-Faktur, e-Filing, dan dengan Bank Persepsi. Artinya, Anda tak perlu lagi harus mengulang input data perpajakan setiap kali Anda akan memenuhi kewajiban perusahaan sebagai WP Badan. Berkat adanya e-Billing, pembuatan kode billing perusahaan maupun pembayaran pajak secara online dapat dilakukan dengan jauh lebih mudah, efisien, dan ekonomis.
    Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-Billing dapat menghemat waktu dan tenaga serta menyederhanakan proses perhitungan sampai pembayaran pajak. Apalagi, dengan mempertimbangkan bahwa data yang dibutuhkan oleh WP Badan untuk membayar pajak terbilang lebih rumit, maka keberadaan e-Billing jelas dapat membuat segalanya jadi lebih mudah. Hal ini pun berarti risiko terlambat bayar pajak dapat ditekan sampai seminimal mungkin, atau bahkan dihilangkan sepenuhnya!

Kira-kira itulah manfaat dan keunggulan sistem e-Billing untuk kebutuhan pelaporan dan pembayaran pajak perusahaan Anda.