Sekilas, pajak terkesan merugikan bisnis. Wajar saja karena pebisnis harus menyisihkan keuntungan mereka untuk membayar tagihan pajak yang dikenakan sesuai aturan. Jumlah pajak yang besar kadang membuat segelintir pengusaha dan pegiat bisnis lain menghindar supaya laba mereka tak berkurang.
Padahal, membayar pajak akan membawa berbagai benefit untuk bisnis yang Anda jalankan, antara lain:

  • Mempelajari pengelolaan keuangan
    Salah satu faktor utama yang mengakibatkan kebangkrutan bagi para pebisnis adalah rendahnya kemampuan mereka dalam mengelola keuangan. Namun, dengan mengetahui dan membayar pajak, Anda justru akan dilatih untuk mengatur keuangan perusahaan. Pada mulanya Anda mungkin agak kebingungan karena ada harus banyak hal yang dihitung dan dikumpulkan. Dalam hal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli perpajakan untuk menekan risiko kesalahan.
  • Bisnis tampak lebih profesional
    Patuh membayar pajak secara tak langsung membuat bisnis Anda profesional, baik di mata konsumen maupun klien. Sebagai contoh, Anda yang bergelut di bidang manufaktur harus memegang Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP untuk melengkapi surat kerja sama kontrak dengan distributor maupun konsumen. Anda memang masih bisa berbisnis tanpa NPWP, tapi pajak yang dikenakan akan lebih besar dan menyulitkan Anda dalam mengurus kontrak.
  • Memudahkan proses pinjaman modal
    Butuh modal tambahan untuk mengelola bisnis Anda? Kebanyakan pebisnis memilih pergi ke bank untuk mendapatkan dana tambahan. Lantas, tahukah Anda kalau NPWP akan memudahkan proses pinjaman tersebut? Bank akan menganggap Anda sebagai pegiat bisnis profesional dan bertanggung jawab atas usaha yang dikelola. Di sisi lain, Anda juga harus pastikan mampu melunasi peminjaman tersebut sesuai kesepakatan.
  • Menstabilkan perekonomian negara
    Pajak yang masuk ke kas pemerintah akan diatur seoptimal mungkin untuk menstabilkan perekonomian dalam negara. Dengan kata lain, pajak yang akan menyeimbangkan sejumlah kondisi dari ancaman yang sewaktu-waktu dapat mengacaukan keberlangsungan sektor ekonomi negara. Di samping itu, pajak pula yang membantu pemerintah dalam menentukan aturan maupun opsi kebijakan yang nantinya dinikmati masyarakat luas.

Tetap untung berbisnis dengan rajin lapor pajak
Selain itu, ada sejumlah tip yang bisa membuat bisnis Anda tetap untung tanpa harus melupakan kewajiban bayar dan lapor pajak, antara lain:

  • Mengunggah konten secara berkala
    Pasif berjualan tak akan membawa calon pembeli yang Anda targetkan. Mengeluarkan bujet untuk promosi pun dirasa berat bagi pebisnis. Sebenarnya ada satu langkah mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya: promosi di media sosial. Unggah konten promosi secara berkala dengan foto atau video yang didesain semenarik mungkin.
  • Simpan informasi konsumen
    Jika Anda kebetulan mengelola bisnis online, Anda akan mudah mendapatkan data personal konsumen. Manfaatkan informasi itu untuk meraup untung. Buatlah dokumen terpisah untuk mencatat nama, nomor, hingga alamat e-mail yang mereka gunakan untuk bertransaksi. Informasi tersebut bisa Anda gunakan untuk menawarkan produk, misalnya melalui newsletter.
  • Mencari supplier yang bersahabat
    Anda masih mengandalkan supplier untuk memasok produk jualan? Pastikan supplier yang Anda pilih mempunyai reputasi bagus dan menyediakan produk dengan harga bersahabat. Dengan demikian Anda bisa menjual kembali barang-barang tadi di platform online dengan harga tinggi dan menerima untung lebih besar.
  • Memanfaatkan bonus supplier
    Ada kalanya supplier memberikan bonus kepada pembeli dan klien berbisnisnya, terutama terhadap langganan mereka. Manfaatkan bonus-bonus yang mereka berikan dengan menjualnya di online shop. Jadi stok yang tersedia tak akan cepat habis, sementara untung yang Anda dapatkan terus bertambah. Hal lain yang bisa Anda manfaatkan dari supplier adalah sampel-sampel yang disediakan.

Terakhir, jangan lupa lapor pajak Anda sebelum lewat tenggat! Di era teknologi seperti sekarang, mengurus pajak pun sudah bisa dilakukan secara online di Klikpajak (http://klikpajak.id). Melalui website ini, Anda dapat membuat akun dulu tanpa dipungut bayaran, lalu mempelajari materi-materi seputar pembayaran dan laporan pajak.

Klikpajak juga menyediakan chat box bagi Anda yang ingin berkonsultasi seputar pajak bisnis. Kalau Anda tak bisa online terus-menerus, ada e-book gratis berisi panduan dari Klikpajak yang dapat diunduh gratis dan dipelajari secara offline.