Saat ini teknologi berkembang pesat dan banyak diaplikasikan pada berbagai bidang, termasuk untuk meningkatkan performa perusahaan. Salah satu hal yang banyak dilakukan untuk tujuan ini adalah dengan menggunakan berbagai software HR. Peran HR yang cukup luas meliputi administrasi karyawan, absen, manajemen cuti hingga perihal gaji tentu memerlukan perhatian yang lebih. Penggunaan software yang tepat tentu dapat memberikan berbagai keuntungan untuk perusahaan Anda, di antaranya :

Dapat menghemat waktu

Bila dibandingkan dengan pengerjaan tugas HRD oleh tim HR secara manual, tentu bekerja dengan menggunakan software HR akan jauh lebih menghemat waktu. Pekerjaan terkait pengumpulan data personalia karyawan, manajemen absensi, libur, cuti hingga gaji karyawan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Pekerjaan administrasi yang perlu diselesaikan dapat tersusun rapi tepat pada waktunya dengan bantuan dari software ini. selain itu, karena software telah menggunakan sistem yang terintegrasi secara otomatis, tentu data yang Anda input di dalamnya akan lebih akurat. Adanya kesalahan input seperti data ganda dan lainnya juga dapat diketahui dengan segera agar perbaikan juga dapat dilakukan dengan cepat.

Mengurangi biaya

Tak hanya menghemat waktu, penggunaan software HR juga dapat memangkas biaya yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan setiap bulannya. Bila perusahaan Anda masih menggunakan sistem manual, tentu Anda perlu merekrut admin HR dengan jumlah yang cukup banyak agar setiap pekerjaan terkait dengan karyawan dan urusan personalia dapat terselesaikan. Banyaknya jumlah perekrutan ini tentu akan berdampak pada melonjaknya biaya yang perlu dikeluarkan perusahaan untuk menggajinya. Namun, dengan menggunakan software HR, pekerjaan akan lebih terorganisir tanpa memerlukan terlalu banyak admin sebagai pengelolanya. Hal ini tentu akan memberikan dampak positif terhadap pengurangan biaya yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan.

Memudahkan kebutuhan akses informasi

Penggunaan aplikasi atau software HR di perusahaan Anda tentu dapat membantu untuk mempermudah akses terhadap informasi karyawan yang bekerja dalam perusahaan. Dengan adanya software ini, karyawan perusahaan dapat terlibat secara aktif untuk menambahkan informasi atau memperbarui data pribadinya dengan lebih mudah dengan adanya sistem yang terintegrasi. Beberapa informasi terkait seperti perkembangan performa kerja, waktu cuti dan libur yang dapat diakses dengan mudah tentu akan membuat setiap karyawan memiliki kebanggaan tersendiri terhadap hasil yang dicapai dan memiliki motivasi untuk semakin meningkatkannya di waktu mendatang. Kemudahan akses informasi dan transparansi yang diberikan oleh pihak perusahaan secara tidak langsung dapat meminimalkan ketidakpuasan karyawan dan justru menaikkan tingkat retensi dari karyawan.

Mengurangi terjadinya kesalahan (error)

Banyaknya tugas yang perlu dilakukan oleh tim HR secara manual tak jarang membuat beberapa pekerjaan mengalami kesalahan (error) sehingga perlu dilakukan pengecekan ulang atau bahkan perbaikan data. Bila terjadi banyak kesalahan, tentu efektivitas kerja juga dapat menurun karena data atau laporan selesai dalam waktu yang lebih lama. Dengan mulai menerapkan software HR, maka database terkait manajemen administrasi karyawan dan perusahaan tentu dapat dikelola dengan lebih rapi dan baik. Tak hanya itu, software yang telah sedemikian rupa terintegrasi dengan sistem dapat meminimalkan adanya error terkait data yang direkap di dalamnya sehingga pekerjaan tim HR dapat berjalan lancar dan lebih efektif.

Mendukung tugas dari tim HR

Bila dahulu tim HR dalam perusahaan hanya dikenal sebagai tim personalia yang berkaitan dengan dokumen – dokumen karyawan, rekrutmen, dan pengembangan karyawan, kini tugas tim HR semakin beragam karena ada hal lain di luar administrasi personalia yang perlu dihandle oleh tim HR, seperti perihal absensi, libur/cuti, hingga penggajian. Penggunaan software yang tepat tentu dapat sangat membantu tim HR, sehingga tim dapat menyelesaikan tugas personalia dan tugas lainnya tepat waktu. Cukup kompleksnya tugas yang perlu dijalankan oleh tim HR ini tentu membuat Anda perlu memilih software HR yang tepat sesuai dengan perusahaan Anda sebagai pendukungnya.