4 Karier Di Bidang Finansial Yang Bisa Jadi Target Anda

Bagi Anda yang masih bingung dengan jalur karier yang bisa ditekuni untuk menjadi sumber penghidupan yang lebih layak jangan khawatir, karier di bidang finansial alias keuangan dalam beberapa dekade belakangan merupakan salah satu bidang yang perkembangan kariernya cukup pesat. Menekuni karier di bidang akuntansi tidak harus melulu soal membuat laporan keuangan perusahaan atau bekerja menjadi teller di sebuah bank. Ada banyak karier di bidang keuangan yang lebih spesifik yang bisa memberikan keseruan dan passion tersendiri bagi Anda terutama jika Anda memilik latar belakang pendidikan di bidang finansial atau akuntansi.
Tidak punya pun tidak masalah karena sekarang bisa Anda temukan dengan mudah online courses yang bisa jadi pendidikan informal untuk belajar dan langsung praktek di bidang finansial untuk kebutuhan industri. Berikut adalah beberapa posisi atau pekerjaan di bidang finansial yang memilik tantangan dan keseruannya sendiri, siapa tahu bisa jadi pilihan karier Anda.

Perbankan investasi

Jarang terdengar karena biasanya karier di dunia perbankan yang paling dikenal adalah menjadi teller atau customer office terutama bagi para fresh graduate karena kedua posisi tersebut memang biasanya diperuntukkan bagi yang ingin masuk ke dunia perbankan. Tapi sebenarnya salah satu pekerjaan di dunia perbankan yang paling top adalah sebagai broker investasi. Di mana tugas seorang broker pada bagian investasi bisnis perbankan adalah memfasilitasi transaksi dalam jumlah besar yang melibatkan perusahaan atau individu dengan skala yang besar. Karena nilai transaksinya yang besar maka broker investasi adalah pekerjaan yang cukup menjanjikan dari segi penghasilan karena nominal gaji dan bonus yang cukup besar.

Manajemen aset

Manajer aset bisa bekerja pada sebuah perusahaan bisa juga bekerja secara independen artinya mereka yang membutuhkan keahlian manajemen aset bisa menggunakan jasa Anda dengan sistem outsourcing dan Anda akan mendapatkan upah dari jasa yang Anda berikan. Makin ahli Anda dalam mengelola aset klien atau perusahaan maka rate Anda pun bisa makin tinggi. Manajer aset memiliki peran untuk mengelola aset-aset yang dimiliki oleh perusahaan maupun individu dengan kekayaannya baik aset yang bergerak maupun tidak bergerak. Mengelola aset termasuk membantu untuk menentukan investasi yang bisa menguntungkan klien, mengembangkan dan mengimplementasikan strategi-strategi investasi jangka panjang, hingga memastikan perhitungan nilai aset yang dimiliki klien dengan rate yang up to date.

Bank komersial

Jika Anda ingin berkarier di bidang finansial namun tidak ingin memiliki beban kerja yang cukup berat dengan dua pekerjaan yang disebutkan di atas, Anda masih memiliki peluang yang cukup besar untuk bekerja di dunia perbankan komersial. Beberapa posisi yang paling populer selain teller dan CS misalnya adalah loan officer, trust officer, mortgage banker, manajer kantor cabang, dan masih banyak lagi lainnya. Bank komersial pun memiliki tangga karier yang bisa Anda panjat jadi jangan khawatir jika posisi yang bisa Anda tempati saat ini termasuk posisi yang berada di bawah tangga karier karena seiring dengan bertambahnya pengalaman Anda maka Anda pun bisa mendapatkan jabatan yang lebih oke.

Finansial korporasi

Para profesional yang memiliki pekerjaan di dunia finansial korporasi umumnya memiliki tanggung jawab yang ruang lingkupnya lebih luas namun bisa jadi termasuk sebagai broker investasi. Tanggung jawab bagian finansial korporasi bisa juga termasuk secara aktif terlibat dalam pembuatan kebijakan atau keputusan yang berhubungan dengan investasi, manajemen kapital, dan aktivitas lainnya yang berhubungan dengan pertumbuhan strategis bagi sebuah organisasi. Setiap perusahaan bisa memiliki kualifikasinya sendiri untuk merekrut orang yang bisa menempati posisi di bagian finansial tapi biasanya yang dicari adalah mereka yang memiliki keahlian dan keterampilan di bidang analisa finansial, perpajakan, treasurer, dan lainnya.

Kualifikasi yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan posisi di bidang finansial korporasi adalah memilik sertifikasi berstandar di bidang akuntansi. Bagaimana caranya bisa mendapatkan sertifikasi di bidang finansial? Anda bisa mendaftar untuk mengikuti kelas-kelas pelatihan maupun kursus yang bisa mempersiapkan keahlian dan juga pengetahuan Anda agar bisa lulus tes sertifikasi sebagai bukti kompetensi Anda di bidang finansial profesional.

RELATED ARTICLES

Most Popular